Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tipsnya



Berburu sunrise di dekat Gunung Bromo, Jawa Timur begitu digemari traveler. Biar hasilnya maksimal ada sejumlah tips yang dapat dicoba.

Wisata Gunung Bromo tak menyeluruh tanpa memburu sunrise. Banyak traveler dari sekian banyak daerah yang rela bangun pagi-pagi sekali untuk menjangkau spot yang tepat buat merasakan indahnya syahdunyakeadaan pagi Bromo.

Buat traveler yang inginkan berburu sunrise di Bromo, ada sejumlah hal yang perlu diacuhkan sebelum mengawali perjalanan, inilah tips berburu sunrise Bromo:

1. Menentukan jadwal keberangkatan

Waktu terbaik untuk merasakan sunrise Bromo ialah kala musim kemarau,selama bulan Juli hingga September. Cuaca lebih cerah, sunrise dapat lebih tampak jelas tanpa terhalang kabut. Tentunya bila datang ketika hujan turun dan berkabut, sunrise tidak cukup maksimal terlihat.

Jauh-jauh hari sebelum berangkat usahakan traveler telah booking homestay terlebih dahulu, demikian pula untuk jeep. Kendaraan ini begitu penting sebab perjalanan mengarah ke view point sunrise Bromo mestidengan jeep, tidak dapat sembarangan naik mobil pribadi.

2. Spot terbaik menyaksikan sunrise

Biasanya spot yang jadi kesayangan traveler untuk menyaksikan sunriseialah Penanjakan 1. Ini masuk di distrik Kabupaten Pasuruan, di elevasi 2.770 mdpl. Gunung Bromo bisa terlihat dengan jelas dari sini, Gunung Semeru juga terlihat di kejauhan.

Namun di samping Penanjakan 1 masih ada opsi spot beda yang tak kalah indah, laksana Penanjakan 1, Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Setelah mentari terbit, traveler juga dapat lanjut merasakan keindahan dari view point yang ada, foto-foto berlatar Gunung Bromo yang menawan.

3. Siap bangun lebih pagi

Untuk mendapat lokasi yang pas buat menyaksikan sunrise, usahakantraveler telah tiba di Penanjakan 1 sangat tidak pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Apalagi bila datang di akhir pekan, di mana traveler yang maumenyaksikan sunrise begitu ramai.

Maka usahakan jam embarkasi dari penginapan disesuaikan. Jika menginap di area Tosari, Kabupaten Pasuruan, perjalanan mengarah ke Penanjakan 1selama 45 menit. Jadi dapat berangkat pukul 02.30 atau jam 03.00. Sedangkan bila menginap di Malang, sebab jaraknya lebih jauh, usahakanberangkat selama pukul 00.00 WIB malam.

4. Kenakan pakaian yang tepat

Dengan suhu yang dingin di pegunungan, tidak boleh lupa guna mengenakan pakaian hangat. Kenakan jaket tebal, kupluk, kaus kaki, pun sarung tangan. Bagi alas kaki, pakailah sepatu trekking yang sangat nyaman.

5. Bawa duit cash

Cukup sulit mengejar ATM di dekat Bromo. Bawalah duit cash secukupnya untuk kebutuhan selama wisata, laksana untuk menunaikan tiket masuk,melakukan pembelian minuman hangat, maupun snack guna mengganjal lapar di pagi hari. Banyak warung yang memasarkan jajanan serta minuman hangatdi dekat Penanjakan 1.

0 komentar:

Posting Komentar